.

.

Clue

Read, and recognize me. Because, I'm not that easy to be known.

Wednesday, 9 July 2014

Cara Menulis Novel

Halo kawan kawan silent readers yang benerbener bikin aku semangat setiap ngeliat dashboard :) actually, aku ngarep kalian komen aku tapiyaaa gapapa sih hehe tau kalian baca aja aku udah seneng :3
Jadi hari ini, aku mau sedikit cerita dan ngasih tips buat para calon penulis novel like me, teman teman seperjuanganku :) So, come and sit down everyone!

Firstly, untuk menjadi penulis pasti yang paling penting niat loh. Kalau gaada niat ya otomatis gabakal ada karya yang muncul dari diri-dirimu sekalian. Dan ini emang base buat jadi penulis, atau jadi apapun awalnya emang harus diawali dengan niat yang kuat. Kamu juga harus bisa semangatin diri sendiri dan termotivasi mau jadi seorang penulis yang kayak apa. Sekali-kali ngebayangin diri kamu yang sukses juga fine kok. Aku suka begitu, jadi aku semangat nulisnya walaupun udah mentok tetep lanjut maksain nulis, nanti juga ideny angalir lagi. Karena semuanya berasal dari dirimu. Got it? :)





Secondly, you have to get your theme. Tema itu modal utama biar genre nulis kamu ke arah mana. Misal, kamu mau jadi novelis nihyaa, otomatis kamu harus nentuin dulu kamu lebih fokus kemana. Kalau akusih romance, friendship, drama, agak slice of life gitu, aku juga suka adventure. Semuanya tergantung kamu suka apa, untuk kondisi aku, karena aku suka dan emang bisanya nulis yang galau-galauan, jadi semua novel yang aku buat isinya rata-rata begitu. Aku suka humor tapi gabisa ngelawak, jadi tulisan aku emang galucu dan aku jarang nulis yang humor, abisnya pasti garing. Kalau dipikir-pikir, tukang galau emang kayanya gacocok bikin yang genre humor :') Walaupun ya mungkin bisa juga karena saking galaunya dia nyari cara buat ngehibur diri sendiri.

Thirdly, kembangkaaaaaan :) kamu udah punya niat, udah ada temaa...sekarang cari kamu buat cerita yang kayak gimana. Caranya emm kalau aku sih ngekhayal dulu, biasanya kamu bakal cepet nemu inspirasi kalau lagi seneng atau lagi sedih, tapiya kalau udah biasa emosi gaakan terlalu mempengaruhi nilai tulisan kamu sih. Oh iya, caranya itu biasanya sebelum aku ngekhayal, aku bayangin dulu tokoh-tokohnya. Misalnya aku ngebayangin tokoh protagonisnya itu laki-laki slengean yang nyebelin apa gimana, terus dipasangin sama perempuan yang apa gimana terus cari konflik inti ceritanya itu apa. Nanti setelah ituuu yang lain-lainnya
bakal nyusul deh wehehe selingannya sebelum konflik itu.

Fourthly, you must have a strong character. Ini penting banget, suatu cerita atau novel bakal kerasa hidup kalau karakter tokoh2nya kuat. Kalau oon ya oon, kalau pemarah ya munculin sisi pemarahnya. Banyak novel yang bagus ceritanya tapi galaku, salah satu faktornya adalah karakternya gakuat alias plinplan. Dan karakter juga mesti realistis. Gini ya, banyak novel yang karakter cewenya sempurna. Padahal you know, gaada manusia yang sempurna. Liatin juga kekurangannya, itu bakal nimbulin simpati buat yang baca. :D

Fifthly, kalau yang empat diatas udah siap, yaa mulai menulis. Usahakan buat pembukaan yang dramatis dan menarik pembaca. Terus dialog juga mesti diperhatiin, bikin dialog yang hidup. Jangan terlalu puitis, jangan terlalu kaku, pokoknya buat dialog yang hidup dan kayak biasa kita ngobrol aja. Untuk bahasa, ada banyak. Itu bisa disesuaiin sama gaya kamu. Mau bahasa gabaku atau baku juga gamasalah. Kalau aku, lebih suka bahasa yang baku kalau nulis novel. Tapi ada juga yang enggak, banyak malah. Sesuaiin aja sama yang lebih kamu suka. Sudut pandang juga, bisa orang pertama (aku-akuan), atau orang ketiga. Menulis itu fleksibel kok gausah diambil pusing harus gimana gimana :)

Tambahan,  yah itu sih yang bisa aku share dengan kalian semua. Tips untuk buat novel yang bagus yaaa, kalian harus rajin baca juga. Kalau kalian baca buku bagus, pasti yang kalian tulis juga bakal bagus. Banyak baca juga memperkaya bahasa kalian, apasih istilahnya vocab kalau di pelajaran bahasa Inggris. Hehe pokoknya mesti banyak baca buat menggerakkan si niat yang ada di dalam hati.

Oh iya, kalau lagi stuck waktu nulis. Udah tulis aja apapun, masalah jelek atau engganya gimana nanti. Kan kalian pasti baca ulang apa yang udah kalian tulis, jadi bisa dibenerin. Jangan pernah bilang 'gapunya inspirasi'. Inspiration is everywhere, guys. Semuanya bisa jadi inspirasi. Yang harus kalian permasalahin saat ga menghasilkan tulisan selama jangka waktu yang lama adalah kemalasan. Hehehe emang jleb tapi itu fakta kawankawan :) Jadi semangatin diri lagi kalau udah di kondisi miris itu.

Terakhir, semuanya butuh proses. Nulis novel tuh ga gampang loh. Susah malah karena kita mesti ngadepin diri sendiri. Kita nulis sendirian, bukan ditulis orang lain, kita buat karakter, ngebayangin masalah juga sendiri, jadi ya tulisan itu munculnya dari diri kita sendiri temanteman makanya susah :) selanjutnyaaa hemmm apa ya udah sih yang ada di kpala aku cuma itu aja.

Semangat ya nulisnya semangat! Aku juga berjuang kok disini doain aku ya :)
Dengan menulis, kalian akan selalu hidup. Bahkan mungkin, selamanya.

3 comments:

  1. Hai kakaa :D seneng deh aktif nulis lagi, seneng banget baca tulisan-tulisannya, apalagi yang satu ini makasih banget kaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga maaf baru dibales yaa :D terima kasih banyaakkk satu komentar darimu udah bikin semangat nulis aku naik lagi. Makasih ya udah baca tulisan aku hehe samasama :):):)

      Delete
    2. Hai juga maaf baru dibales yaa :D terima kasih banyaakkk satu komentar darimu udah bikin semangat nulis aku naik lagi. Makasih ya udah baca tulisan aku hehe samasama :):):)

      Delete